Pages

Senin, 08 Juli 2013

Tugas Softskill 3



1.    Mengapa fungsi komunikasi bahasa disebut fungsi dasar? Mengapa pula disebut fungsi utama?
Jawaban:
Fungsi komunikasi bahasa disebut fungsi dasar karena memiliki tujuan tertentu agar dapat dipahami oleh orang lain. Kita dapat menyampaikan semua yang kita rasakan, pikirkan, dan ketahui kepada orang lain. Fungsi komunikasi bahasa disebut pula fungsi utama karena komunikasi ialah penyampaian pesan atau makna oleh seseorang kepada orang lain.

2. Sebutkan tiga contoh alat komunikasi sosial yang bukan bahasa, dan jelaskan fungsinya !
·      Cash Register, yaitu alat yang digunakan untuk memperoleh informasi pembayaran di kasir.
·      Kalkulator Yaitu alat yang digunakan untuk memperoleh informasi hasil perhitungan angka.
·      Komputer yaitu alat berupa hardware dan software yang digunakan untuk membantu manusia dalam mengolah data menjadi informasi dan menyimpannya untuk ditampilkan dilain waktu. Informasi yang dihasilkan komputer dapat berupa Tulisan, gambar, suara, video dan animasi.

3. Bahasa Indonesia mempunyai empat jenis definisi, yaitu definisi nominal. Formal, operasional, dan luas. Jelaskan keempat definisi tersebut dan tuangan jawabannya dalam sebuah teks dengan topik Teknologi informasi atau yang terkait dengan bidang studi kalian. Tulisan dibuat secara singkat dan jelas.
·      Definisi nominal : definisi yang berupa pengertian singkat. definisi ini ada 3 macam, yaitu :
-        Sinonim atau padanan. Contoh : Token adalah satuan terkecil dalam bahasa.
-        Terjemahan dari bahasa lain. Contoh : Compiler ialah kompilator.
-        Asal-usul sebuah kata. Contoh : Penamaan Java pada bahasa pemrograman Java  terinspirasi ketika para tim meminum kopi di sebuah kedai kopi di dekat kantor mereka. Salah seorang tim berbicara tentang asal-muasal biji kopi yang mereka minum yaitu dari Java (pulau Jawa).
·      Definisi formal : definisi ini disebut juga definisi terminologis, yaitu definisi yang disusun berdasarkan logika fomal yang terdiri dari tiga unsur. Struktur definisi ini berupa kelas, genus, dan pembeda. Ketiga unsur tersebut harus tampak dalam defiiens. Struktur formal diawali dengan klasifikasi, diikuti dengan menentukan kata yang menjadi definiendum, dilanjutkan dengan meyebutkan genus, dan diakhiri dengan menyebutkan kata-kata atau deskrpisi pembeda.
Contoh:
-            Bahasa tingkat tinggi adalah bahasa yang bersifat non prosedural.
-        Bahasa generasi ke-5 adalah bahasa gabungan yang bersifat prosedural dan non procedural.
·      Definisi operasional : batasan pengertian yang dijadikan pedoman untuk melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan.
Contoh:
Penyusunan sistem baru merupakan upaya untuk memperbaiki sistem lama yang dinilai sudah tidak efektif.
·      Definisi luas : batasan pengertian yang sekurang-kurangnya terdiri atas satu paragrap. Definisi ini hanya berisi suatu gagasan yang terdefinisikan.
Contoh:
Grammar terdiri dari himpunan hingga yang tak hampa dari aturan atau produksi, yang menspesifikan sintaks dari bahasa. Grammar menentukan kalimat pada bahasa. Studi ini disebut Teori Bahasa Formal.

4. Bacalah surat kabar dan majalah. Cari dan temukan paragraf argumentasi yang deduktif dan induktif!
Jawaban:
-       Paragraf deduktif adalah paragraf yang diawali dengan mengemukakan persoalan pokok atau kalimat utama yang bersifat umum kemudian diikuti kalimat-kalimat penjelas yang bersifat khusus.
Contoh:
Pelanggaran pembelokan trafik SLI paling banyak dilakukan dari pulau Jawa. Sebab dari 478 pemilik izin penyelenggara telekomunikasi 90% di anataranya berada di pulau Jawa. Sedangkan bagi penyedia jasa yang banyak melakukan pelanggaran dari kalangan Internet Service Provider (ISP), yang menduduki urutan pertama dan kedua pada Network Access Provider (NAP).
Sumber: Layanan SLI dan VolP Rentan Pelanggaran | Tabloid PULSA Edisi 261 Th.XI / 5-18 Juni 2013
-       Paragraf induktif adalah paragraf yang dimulai dengan mengemukakan penjelasan yang bersifat khusus kemudian diakhiri dengan kalimat utama dan memuat pernyataan yang bersifat umum.
Contoh:
Masih ingat game-game berat em up tahun 80-90-an, semisal Double Dragon, Teenage Mutant Ninja Turtles, Bare Knuckle, Axe Warrior dan sebagainya? Kalau anda berniat bereuni dengan game-game jenis ini di Smart Phone, Anda bisa Memilih Combo Crew.
Sumber: Combo Crew | Tabloid PULSA Edisi 261 Th.XI / 5-18 Juni 2013

5. Cari dan temukan paragraf atau wacana campuran : deskripsi, narasi, argumentasi, baik yang deduktif maupun yang induktif!
     Jawaban :
·      Wacana Deskripsi
Deduktif:
Sebuah tugu di ujung Utara pulau Weah Aceh, berdiri tegak setinggi delapan meter. Landasannya, beton berteratak mirip tangga bersusun lima. Dengan panjang dan lebar sekitar enam meter. Tentu itu terletak di sebuah semak belukar di bilangan Jaboi, kotamadya Sabang. Itulah kilometer nol Indonesia. Berada di tugu itu, terasa sesuatu merayap di kalbu, perasaan keindonesiaan. Lagu patriotik Dari Sabang sampai Marauke seakan-akan tergiang-ngiang di telinga. Kita sedang menginjak setapak tanah di ujung paling Barat Nusantara.
Induktif:
Penampilannya unik, dalam 1 daun ada dua warna atau lebih. Kelangkaannya membuat ia diburu para kolektor. Harganya menyamai karya seni, meroket ratusan kali lipat. Hanya satu yang diinginkan para kolektor, yaitu keeksklusifannya. Bayangkan saja, peluang satu berbanding satu juta kelahiran. Itulah taman variegate.

·      Wacana Narasi
Deduktif:
Kegiatan seorang penulis dapat disamakan dengan seorang petani yang mencakul sawah ladangnya. Pak tani akan bertenaga kalau cukup makan dan minum. Jika kurang makan dan minum, ia akan cepat merasa lelah,letih dan loyo. Demikian pula seorang penulis. Jika penulis sedikit membaca, kurang melakukan riset untuk bahan tulisannya dan tidak sensitif dengan lingkungannya tentu saja ia akan kehabisan ide.
Induktif:
Guru menguasai materi dengan baik. Siswa terkelola dalam suasana pembelajaran yang kondusif. Proses pembelajaran aktif dan partisipatif. Evaluasi dilaksanakan sebagai pengukuran tingkat penyerapan siswa. Hal-hal di atas merupakan indikasi menuju keberhasilan pembelajaran di kelas

·      Wacana Argumentasi
Deduktif:
Pendidikan merupakan salah satu faktor penentu maju mundurnya suatu bangsa. Adalah sebuah fakta yang tak terbantahkan lagi bahwa pendidikan di indonesia adalah pendidikan yang sangat mahal dan tak terjangkau bagi masyarakat tak mampu. Pada tahun 2010 saja terdapat 1,08 juta siswa SD hingga SMA yang putus sekolah. Biaya pendidikan yang mahal diperkirakan menjadi sebab tingginya angka putus sekolah di tahun 2010 tersebut.
Induktif:
Kerusakan lingkungan merupakan salah satu masalah terbesar yang dihadapi oleh umat manusia di era modern sekarang ini. Hampir setiap hari kita selalu disuguhi dengan berita-berita tentang berbagai macam bencana alam seperti banjir, tanah longsor, kekeringan dan berbagai macam bencana alam lain yang telah memakan banyak sekali korban baik harta maupun nyawa. Bencana-bencana alam "buatan" yang sering terjadi saat ini, tak lain dan tak bukan adalah akibat dari pola hidup sebagian besar manusia modern yang tidak ramah lingkungan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

(c)2009 "Get Information". Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger