STRUKTUR PASAR
Jenis-jenis Struktur Pasar
A. Pasar Persaingan Sempurna
Persaingan
sempurna, adalah struktur pasar yang ditandai oleh jumlah pembeli dan
penjual yang sangat banyak. Transaksi setiap individu tersebut (Pembeli dan
penjual) sangat kecil dibandingkan output industri total sehingga mereka tidak
bisa mempengaruhi harga produk tersebut. Informasi tentang harga dan kualitas
produk itu sempurna dan setiap perusahaan bisa dengan mudah mendapatkannya
B. Pasar Persaingan Tidak Sempurna
a. Pasar Monopoli
Pasar
Monopoli adalah struktur pasar yang ditandai oleh adanya seorang produsen
tunggal. Perusahaan monopoli bebas untuk menentukan jumlah output dan harga
produk kapan saja dan bisa mendapatkan keuntungan di atas keuntungan normal dalam
jangka panjang.
b.
Pasar Monopolistik
Persaingan
monopolistik, adalah struktur pasar yang sangat mirip dengan persaingan
sempurna tetapi pada pasar monopolistik para produsen menghasilkan atau menjual
barang yang berbeda corak atau keunggulan.
Contoh: produk
sabun yang memiliki keunggulan misalnya untuk kecantikan, kesehatan dan
lain-lain.
c. Pasar Oligopoli
Oligopoli,
adalah struktur pasar di mana hanya ada sejumlah kecil perusahaan yang
memproduksi hampir semua output industri dan mempunyai keputusan yang saling
mempengaruhi. Pasar Oligopoli dalam teori Ekonomi Mikro dibedakan menjadi 2
macam yaitu, Pasar Oligopoli Kolusif yaitu dimana perusahaan-perusahaan
saling bersepakat untuk melakukan tindakan bersama didalam menentukan harga dan
tingkat produksi, dan Pasar Oligopoli Nonkolusif yaitu dimana
perusahaan-perusahaan tidak melakukan kesepakatan.
0 komentar:
Posting Komentar