Pages

Sabtu, 26 Januari 2013

Laporan Penulisan Ilmiah


Judul Penelitian
Manfaat Komputer
BAB I
Pendahuluan
Latar Belakang

Di era globalisasi teknologi informasi berperan sangat penting. Dengan menguasai teknologi dan informasi, kita memiliki modal yang cukup untuk menjadi pemenang dalam persaingan global. Di era globalisasi, tidak menguasai teknologi informasi identik dengan buta huruf. Teknologi Informasi (TI) dan multimedia telah memungkinkan diwujudkannya pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, yang melibatkan siswa secara aktif. Kemampuan TI dan multimedia dalam menyampaikan pesan dinilai sangat besar. Dalam bidang pendidikan, TI dan multimedia telah mengubah paradigma penyampaian materi pelajaran kepada peserta didik. Computer Assisted Instruction (CAI) bukan saja dapat membantu guru dalam mengajar, melainkan sudah dapat bersifat stand alone dalam memfasilitasi proses belajar. Penekanan penting akan memaksimumkan sumber daya manusia di semua sektor, berarti kita akan membutuhkan sistem komunikasi yang sangat efektif. Apabila kita merespons pada kebutuhan fokus awal seharusnya lebih berdasarkan penerimaan informasi daripada penyebaran informasi. Hal ini hampir memutarbalikan peran jika dibandingkan dengan peran komunikasi administrasi pendidikan yang dulu. Perbedaan utama antara negara maju dan negara berkembang adalah kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kemajuan yang pesat di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi di negara-negara maju karma didukung oleh sistem informasi yang mapan. Sebaliknya, sistem informasi yang lemah di negara-negara berkembang mengakibatkan keterbelakangan dalam penguasaan.ilmu pengetahuan.dani teknologi. Jadi jelaslah bahwa maju atau tidaknya suatu negara sangat di tentukan oleh penguasaan teirhadap informasi, karena informasi merupakan modal utama dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan.teknologi yang menjadi senjata pokok untuk membangun negara. Sehingga apabila satu negara ingin maju dan tetap eksis dalam persaingan global, maka negara tersebut harus menguasai informasi. Di era globalisasi dan informasi ini penguasaan terhadap informasi tidak cukup harnya sekedar menguasai, diperlukan kecepatan dan ketepatan. Sebab hampir tidak ada guna menguasai informasi yang telah usang, padahal perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat mengakibatkan usia informasi menjadi sangat pendek, dengan kata lain, informasi lama akan diabaikan dengan adanya informasi yang lebih baru.Masukan (input) dan kontribusi langsung dari para pemegang peran (stakeholders) yang lain; siswa, orang tua dan anggota masyarakat juga memberikan informasi yang sangat membantu dan meningkatkan dukungan masyarakat bagi pengembangan sekolah. Jika obyektifitas utamanya adalah memaksimalkan pendidikan sumber daya manusia maka hal itu telah meningkatkan hubungan komunikasi kita dengan seluruh sektor lingkungan pendidikan dan para pemegang peran (stakeholders). Lagipula kunci utama untuk meningkatkan komunikasi harus terfokus pada saling berbagi komunikasi terbuka dan meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan dukungkan dari segala bidang.
Rumusan Masalah
            Kenapa computer banyak dipergunakan ?
            Apa sajakah pemanfaatan computer ?
            Apa dampak dari komputerisasi ?
Tujuan Masalah
            Penulisan ini bertujuan untuk memberikan infomarsi kepada pembaca tentang manfaat duia komputerisasi begitu pun kerugiannya.


BAB II
Tinjauan Pustaka
Pengertian Komputerisai
Komputerisasi berasal dari kata komputer yang artinya menghitung. Tetapi apabila kita tinjau dari kata tersebut dengan fungsi komputer dewasa ini kita melihat ketidakcocokan dimana komputer sekarang dapat digunakan untuk berbagai pekerjaan. Secara umum komputer dapat diartikan serangkaian atau sekelompok mesin elektronika yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang saling bekerjasama  serta membentuk suatu  sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem kerja ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis berdasarkan urutan instruksi atau program yang telah diberikan kepadanya..

Pengertian Globalisasi
Menurut asal katanya, kata "globalisasi" diambil dari kata global, yang maknanya ialah universal. Achmad Suparman menyatakan Globalisasi adalah suatu proses menjadikan sesuatu (benda atau perilaku) sebagai ciri dari setiap individu di dunia ini tanpa dibatasi oleh wilayah Globalisasi belum memiliki definisi yang mapan, kecuali sekedar definisi kerja (working definition), sehingga bergantung dari sisi mana orang melihatnya. Ada yang memandangnya sebagai suatu proses sosial, atau proses sejarah, atau proses alamiah yang akan membawa seluruh bangsa dan negara di dunia makin terikat satu sama lain, mewujudkan satu tatanan kehidupan baru atau kesatuan ko-eksistensi dengan menyingkirkan batas-batas geografis, ekonomi dan budaya masyarakat.
Di sisi lain, ada yang melihat globalisasi sebagai sebuah proyek yang diusung oleh negara-negara adikuasa, sehingga bisa saja orang memiliki pandangan negatif atau curiga terhadapnya. Dari sudut pandang ini, globalisasi tidak lain adalah kapitalisme dalam bentuk yang paling mutakhir. Negara-negara yang kuat dan kaya praktis akan mengendalikan ekonomi dunia dan negara-negara kecil makin tidak berdaya karena tidak mampu bersaing. Sebab, globalisasi cenderung berpengaruh besar terhadap perekonomian dunia, bahkan berpengaruh terhadap bidang-bidang lain seperti budaya dan agama. Theodore Levitte merupakan orang yang pertama kali menggunakan istilah Globalisasi pada tahun 1985.

Pemanfaatan Komputer
Pengaruh terhadap bidang-bidang lain seperti budaya dan agama. Theodore Levitte merupakan orang yang pertama kali menggunakan istilah Globalisasi pada tahun 1985.

Bidang Pendidikan
Salah satu manfaat kompter yang utama adalah di bidang pendidikan. Komputer merupakan sarana belajaruntuk meningkatkan kemampuan siswa. Komputer menjadi salah satu bidang studi di kemampuan yang wajib dimiliki oleh setiap siswa. Dengan bekal ilmu komputer sejak sekolah, anak –anak dapat bersaing nantinya saat masuk ke dalam dunia kerja.
Selain sebagai memberikan modal kepada siswa salah satu kemampuan yang wajib saat mencari kerja, manfaat komputer lainya adalah sebagai pembuka cakrawala. Banyaknya akses ke ilmu pengetahuan menggunakan kompuer. Bisa membuka cakrawala para siswa tentang dunia ini dan segala isinya.

Bidang Bisnis
Dengan adanya komputer, segala urusan administrasi yang biasanya harus dilakukan secara manual dapat dipermudah dengan menggunakan komputer. Berbagai aplikasi pengolah kata dan data membantu di dalam urusan administrasi ini dan berbagai pengolahan data lainya.
Selain itu, kehadiran komputer di dalam dunia bisnis juga sangat membantu di dalam penyimpanan data. Tanpa komputer mungkin akan sangat sulit sekali untuk memeriksa banyaknya stok barang yang dimiliki perushaan retail. Namun dengan adanya komputer dan aplikasinya, memeriksa kondisi stok barang dan juga keuangan perusahaan akan dapat mudah dilakukan.. hal ini akan menjadi modal di dalam pengambilan keputusan dan langkah yang akan diambil selanjutnya.

Bidang Perbankan
Dibidang perbankan, sangat jelas sekali fungsi komputer ini. Dengan adanya komputer, segala aktivitas perbankan baik it sipan pinjam dan transaksi keuangan lainya dapat berjalan dengan lancar. Adanya sistem yang canggih di dalam komputer perbankan menjamin keamanan dan kerahasiaan dari setiap nasabah
Komputer di dalam dunia perbankan juga berfungsi untuk menyimpan dan mengolah berbagai data. Aplikasi yang terpasang di dalam komputer juga dapat menjadi salahsatu sumber data analisa untuk mengambil keputusan di dalam mengembangkan diri. Tanpa sistem komputer yang kuat, bidang perbankan tidak dapat berjalan dengan baik.

Bidang Pertahanan dan Keamanan
Bidang pertahanan dan keamanan juga masuk dalam salah satu manfaat komputer di berbagai bidang. Dengan adanya komputer, setiap negara bisa memperkuat barisan pertahanannya dari serangan luar. Peralatan canggih yang ada untuk bertahan dan menyerang juga di kendalikan komputer.
Bidang Seni
Pada masa awal dibuatnya komputer diharapkan dapat membantu manusia untuk melakukan pekerjaannya. Seiring perkembangannya komputer saat ini sudah dapat melakukan banyak hal dalam membantu pekerjaan manusia di banyak bidang termasuk bidang seni. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang manfaat komputer dibidang seni. Seni sendiri terbagi atas beberapa jenis seni antara lain:
1.      Seni Gambar
Dalam seni gambar, teknologi yang sering digunakan dalam mengedit hasil dari pemotretan sehingga bisa menghasilkan gambar yang maksimal.untuk hal ini, diperlukan komputer dengan program(photoshop,Coreldraw,dll) yang berfungsi sebagai media editting dalam komputer.
2.      Seni Musik
Pada seni musik, untuk membuat sebuah hasil rekaman yang sempurna, sebuah studio rekaman biasanya menyiapkan komputer untuk mengatur tempo,irama.
3.      Seni Film
Animasi, atau lebih akrab disebut dengan film animasi, adalah film yang merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak. 
Dengan bantuan komputer dan grafika komputer, pembuatan film animasi menjadi sangat  mudah dan cepat. Bahkan akhir-akhir ini lebih banyak bermunculan film animasi 3 dimensi daripada film animasi 2 dimensi

Bidang Kesehatan
Sekarang ini dunia kesehatan modern telah memanfaatkan perkembengan teknologi untuk meningkatkan efisiensi serta efektivitas di dunia kesehatan.
Salah satu contoh pengaplikasian dunia IT di dunia kesehatan adalah penggunaan alat-alat kedokteran yang mempergunakan aplikasi komputer, salah satunya adalah USG (Ultra sonografi).
Bidang Transportasi
Penggunaan komputer di bidang transportasi, misalnya komputer yang digunakan untuk mengatur lampu lalu lintas.Di Negara maju lainnya banyak kereta yang sudah dipasang alat navigasi modern untuk menggantikan masinis melalui penggunaan satelit dan sistem komputer.
Jalan raya juga dipasang dengan berbagai jenis sensor yang akan memberikan pesan kepada komputer pusat untuk memudahkan pengendalian jalan raya tertentu. Selain itu, dengan komputer semua jalur penerbangan di Bandara bisa di program dengan komputer. Untuk menerbangkan pesawat itu sendiri membutuhkan dan harus dilengkapi dengan komputer.
Bahkan diketinggian tertentu pesawat dapat di terbangkan dengan otomatis dengan pilot otomatis yang sudah diprogram oleh komputer. Demikian juga penjualan tiket di terminal , bandara, dan stasiun yang dapat dilayani dengan cepat menggunakan komputer.

Bidang Komunikasi
Komputer bisa mengirim dan menerima pesan dari komputer yang lain sampai beribu kilometer jauhnya. Telekomunikasi ialah proses pertukaran pesan di beberapa sistem komputer atau terminal melalui alat media seperti telepon, telegraf dan satelit. E-Mail ialah surat elektronik yang dikirim melalui komputer, salah satu bentuk komunikasi dengan menggunakan komputer.
MODEM (Modulator/Demodulator) diperlukan untuk menukar pesan komputer kepada isyarat audio supaya boleh dihantar melalui telepon. 
Bidang Perindustrian
Komputer digunakan di dalam bidang industri (CAM – Computer Aided Manufacturing)   untuk menghasilkan produktivitas kinerja yang tinggi, mengurangkan biaya dan menangani masalahkekurangan tenaga kerja.  Misalnya, robot diciptakan untuk menjalankan semua kerja dengan mengikuti arahan yang diberikan melalui komputer seperti memasang komponen-komponen kereta atau membukanya kembali, membersihkan minyak dan menyembur cat dalam industri pemasangan kereta. Untuk merancang sebuah mobil digunakan CAD – Computer Aided Design. 

Dampak Positif
Tidak diragukan lagi kemampuan dari mesin ini, apalagi dalam proses pengolahan data. di bidang bisnis perusahaan komputer sudah menjadi kewajiban yang harus dimiliki. apalagi jika terkoneksi dengan jaringan  Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia .Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web – jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain. Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan.

Dampak Negatif
Jika dalam kesehatan,sudah pasti komputer dapat merusak kesehatan secara perlahan, mulai dari mata, dan pekerjaan yang membuat tubuh kadang bergerak sehingga dapat melemahkan guna dari otot-otot tubuh.kemudian masalah Pornografi anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.Untuk mengantisipasi hal ini, para pengguna ‘browser’ melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses.Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.


BAB III
Metode Penelitian
Teknik pengumpulan data
Terdapat 2 teknik pengumpulan data, yaitu: Data Primer, pencarian data melalui survey berdasarkan wawancara atau Tanya jawab secara langsung dan melalui kuesioner dan Data Sekunder, yaitu data yang melengkapi data primer yaitu pencarian data dengan menelusuri pustaka- pustaka pendukung/ penunjang penelitian.

Waktu dan Lokasi Penelitian
Penelitian dilakukan di ruma dengan menggunakan computer dan jaringan internet.

Metode Penelitian
Peneliti bebas memilih tipe peneliti Deskriptif, Kuantitatif atau Kualitatif.

BAB IV
PENUTUP
Kesimpulan
            Dunia komputerisasi memang sangat membantu kehidupan manusia, namun manusia sendiri tidak boleh tergantung terhadap computer itu sendiri karena bagaimanapun juga akan berdampak buruk terhadap kehidupan manusia itu sendiri.


sumber: 
wikipedia.com
wartawarga.gunadarma.ac.id


0 komentar:

Posting Komentar

 

(c)2009 "Get Information". Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger